Lakukan Lima Langkah Ini Jika Anda Konsumsi Banyak Gula

LENSA JATENG – Makanan dengan rasa manis adalah favorit banyak orang. Akan tetapi ada kalanya seseorang mengonsumsi terlalu banyak makanan manis atau mengandung banyak gula. Konsumsi terlalu banyak gula ini tidak sehat bagi kesehatan tubuh. Dikutip dari lamanĀ Times of India, berikut empat langkah yang sebaiknya dilakukan jika tubuh sudah terlalu banyak diberi asupan gula.

1. Bergerak
Banyak studi menunjukkan bahwa seseorang akan lebih banyak mengonsumsi kuliner manis jika sedang merasa stres. Untuk menghindari kebiasaan ini, lebih baik alihkan perhatian dengan berolahraga atau sekadar menggerakkan tubuh. Yoga, meditasi, atau aktivitas sejenis sangat disarankan untuk meredam stres.

2. Memasak Sendiri
Sekali anda makan terlalu banyak gula, anda akan tergiur untuk makan makanan instan jika lapar melanda. Untuk menghindarinya, pergilah ke dapur dan masak makanan anda sendiri. Hindari makan keripik atau cokelat yang akan memperburuk asupan tubuh. Makan masakan rumah lebih sehat daripada makanan instan.

3. Perbanyak Serat dan Protein
Tubuh memerlukan banyak waktu untuk mencerna serat dan protein. Kedua kandungan itu membantu menstabilkan kadar gula dalam tubuh. Konsumsilah makanan yang kaya kandungan serat dan protein untuk ‘membalas’ konsumsi gula yang sebelumnya telah masuk ke tubuh.

4. Minuman probiotik
Minuman probiotik baik untuk menjaga kesehatan usus. Ketika terlalu banyak gula yang masuk ke tubuh, usus akan dipenuhi bakteri jahat. Segeralah konsumsi minuman atau makanan probiotik seperti yogurt untuk menjaga kesehatan agar usus tetap sehat.

Sumber : Republika.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *