Benarkah Generasi Z Lebih Mudah Menyerah?

LENSA JATENG – Begini penjelasan psikolog Dra.Ratih Ibrahim saat memberikan pemaparan kepada seluruh dosen Universitas Katolik Soegijapranata agar mempersiapkan generasi Z menjadi pribadi yang unggul.

Psikolog sekaligus pendiri Personal Growth itu memaparkan setiap generasi memiliki keunikan dan kemampuan yang berbeda-beda.

Disampaikan bahwa Generasi X yang memiliki rentang tahun 1965-1980 merupakan generasi penemu, dimana banyak penemu lahir pada tahun itu seperti contoh Steve Jobs. Sedangkan untuk generasi sekarang yakni generasi Z pada rentang tahun 1997 hingga sekarang, memiliki kemampuan berpikir masa depan dan cenderung mandiri. Generasi Z ini disebut juga generasi Centennial memiliki kemampuan argumen yang kuat.

Namun generasi Y yang berada pada rentang tahun 1981-1996, melihat generasi Z generasi yang mudah menyerah.

“Sebenarnya anggapan generasi Z mudah menyerah itu anggapan salah karena kemampuan generasi Z selalu terhubung dengan generasi sebelumnya.  Pihaknya berpendapat, generasi Z lebih baik dibandingkan generasi sebelumnya karena memiliki kemampuan multi tasking yang bagus.

Sementara itu Rektor Unika Soegijapranata, Ridwan Sanjaya yang mengisi seminar Pedagogi dan Andragogi Inspiratif mengungkapkan tentang mengkontruksi peran mahasiswa dengan konsep terbarukan.

Konsep ini diharapkan mampu mengubah peran mahasiswa menjadi lebih baik, yakni dengan konsep Student Centered Learning dan juga mendorong mahasiswa agar menciptakan karya-karya yang inovatif.

Acara yang bertemakan ‘Ready For Z Generation’ ini diikuti oleh 200 seluruh dosen di Unika Soegijapranata.

Peserta seminar sekaligus civitas akademika Unika Soegijapranata, Agus Yuwono berpendapat peran dosen memang penting dalam mengubah peran mahasiswa agar memiliki intelektual yang baik. Mahasiswa jaman sekarang termasuk dalam generasi Z sehingga dosen dapat menyesuaikan agar mahasiswa memiliki wawasan yang jauh kedepan, tentunya dengan menggunakan metode pendekatan yang mudah dijangkau oleh generasi ini.

Sumber : Tribunjateng.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *