Hati-Hati, 4 Hewan Imut Ini Ternyata Bisa Mematikan

LENSA JATENG – Apabila kita bicara soal hewan yang mematikan, pastilah sangat identik dengan postur tubuh yang besar, bertaring tajam, punya kemampuan gerak yang cepat, hingga berkuku panjang.

Ternyata, hewan mematikan tak harus seperti itu. Beberapa di antaranya bahkan terlihat lucu dan menggemaskan. Di balik penampilannya yang begitu bersahabat, ada ancaman besar yang dapat menimpa manusia apabila diserang oleh mereka.

Bukan hanya mengalami cedera atau luka-luka. Namun, nyawa seseorang pun bisa melayang apabila hewan-hewan tersebut melakukan serangan.

Seperti dikutip dari laman Listverse, berikut 4 hewan berparas imut dan menggemaskan namun mematikan :

1. Kukang Kayan

Kukang | via: ranker.com

Kukang Kayan (alias slow loris) adalah jenis primata noktural — hewan yang tidur pada siang hari, dan aktif pada malam hari. Jika diperhatikan secara seksama, kukang kayan ini tampak begitu menggemaskan.

Hewan ini memiliki mata yang besar dengan bulu lembut nan indah. Di balik keindahan tampilannya, kukang kayan masuk dalam kategori primata yang berbisa.

Mereka diketahui memiliki gigitan yang sangat beracun. Bisa yang mereka keluarkan dapat menyebabkan syok anafilaksis (reaksi alergi yang tergolong berat) dan melumpuhkan manusia hingga tewas.

Populasi Kukang Kayan tersebar di beberapa wilayah dunia, salah satunya hutan Kalimantan. Meski demikian, jenis primata ini tergolong dalam spesies yang terancam punah. Aktivitas manusia yang jadi alasan menurunnya perkembangan hewan tersebut.

2. Luwak Madu

Ilustrasi luwak madu (iStock)

Luwak madu memang memiliki ukuran tubuh yang sangat kecil. Akan tetapi, jangan biarkan ukuran kecil tersebut menipu Anda.

Hewan karnivora kecil yang hidup di kawasan padang pasir Afrika Selatan dan Botswana itu memiliki reputasi sebagai binatang yang tak kenal takut di dunia.

Bahkan, seekor luwak madu dapat menyerang hewan yang memiliki ukuran tubuh lebih besar dari dirinya. Seperti buaya, singa dan antelop.

Selain itu, mereka juga dikenal sebagai pemanjat ulung. Hewan ini gemar memanjat pohon untuk mengambil telur burung dan memakannya.

3. Koala

Ilustrasi Koala (iStock)

Sebagian dari Anda tentu sudah tak asing lagi mendengar nama koala. Binatang berbulu ini tampak lucu dan sangat populer bagi pengunjung kebun binatang.

Koala masuk dalam kategori hewan marsupial — kelompok mamalia yang betinanya memiliki kantong perut.

Saat memelihara bayi koala, seekor induk akan memasukkan anaknya ke dalam kantung hingga beranjak dewasa. Hewan ini berasal dari Australia. Kebanyakan tinggal di hutan kayu putih dan kerap memanjat pohon.

Koala akan lebih sering terlihat tidur di atas pohon. Sikap malas koala itu yang membuat banyak orang gemas akan prilakunya. Namun, jangan salah sangka. Seekor koala dewasa memiliki berat badan hingga 14 kilogram, memiliki kuku dan gigi yang tajan dan rahang yang kuat.

Apabila merasa berada di posisi yang tak aman, hewan ini akan segera menyerang lawannya, termasuk manusia.

4. Panda Merah

Ilustrasi panda merah (iStock)

Panda merah (firefox) adalah hewan mamalia yang tampak begitu menggemaskan. Sesuai namanya, panda merah memiliki bulu tebal berwarna merah kecokelatan dan berkaki hitam. Mukanya berbentuk bulat dengan garis merah kecokelatan dari mata hingga mulutnya.

Panda merah aktif pada waktu pagi dan senja. Di siang hari, mereka tidur dan beristirahat di dahan pohon. Walaupun memiliki sistem pencernaan hewan karnivora, panda merah memiliki kebiasaan seperti hewan herbivora.

Makanan utamanya adalah bambu, dan termasuk aneka buah, akar-akaran, rumput, beri dan tumbuh-tumbuhan lainnya.

Meski tampak lucu, Anda diminta untuk tak mendekatinya. Panda merah adalah hewan yang agresif dan dapat menyerang Anda apabila merasa terancam. Gigi dan cakar mereka juga mampu merobek daging mangsa dengan begitu mudah.

Sumber : Liputan6.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *