Inilah Candi Kembar di dekat Candi Prambanan

LENSA JATENG – Bagi yang memiliki rencana berwisata ke Candi Prambanan di Jawa Tengah, jangan lupa untuk berkunjung ke situs bersejarah lainnya yang terletak tidak jauh dari lokasi candi yang terkenal dengan legenda putri Roro Jonggrang, yaitu situs Candi Plaosan dan Candi Sojiwan. Di tempat ini terdapat spot yang tepat bagi para wisatawan menanti momentum matahari terbit dan terbenam.

Candi Plaosan adalah sebutan untuk kompleks candi yang terletak di Dukuh Plaosan, Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Candi ini terletak kira-kira satu kilometer ke arah timur-laut dari Candi sewu atau Candi Prambanan. Kompleks ini dibangun pada abad ke-9 oleh Raja Rakai Pikatan dan Sri Kahulunan pada zaman Kerajaan Medang, atau juga dikenal dengan nama Kerajaan Mataram Kuno.

Kompleks Candi Plaosan terdiri atas Candi Plaosan Lor dan Candi Plaosan Kidul. Pada masa lalu, kompleks percandian ini dikelilingi oleh parit berbentuk persegi panjang. Sisa struktur tersebut masih bisa dilihat sampai saat ini di bagian timur dan barat candi.

Candi Plaosan mulai dikenal oleh wisatawan melalui Festival Candi Kembar yang telah diselenggarakan oleh masyarakat sekitar beserta Pemerintah Kabupaten Klaten.

Kepala Desa (Kades) Bugisan, Heru Nugroho mengatakan bahwa selain terdapat agenda tahunan berupa Festival Candi Kembar, desanya juga menawarkan konsep wisata berbasis seni budaya mengingat Desa Bugisan banyak memiliki kesenian tradisional seperti Karawitan, Srandul, hingga Gejok Lesung.

Saat ini Candi Plaosan sudah menjadi ikon Desa Bugisan, potensi kuliner dan kesenian tradisional disajikan melalui paket wisata Jelajah Desa. Wisatawan akan diajak langsung melihat proses pembuatan emping (melinjo), tahu, dan batu bata. Kemudian disiapkan kuliner tradisional sambil menikmati eksotisme candi kembar Plaosan di gazebo yang berada di sisi timur candi.

Nah, jika Desa Bugisan memiliki Festival Candi Kembar, maka Desa Kebondalem Kidul yang terletak diantara Candi Prambanan dan Candi Ratu Boko juga mempunyai hajatan tahunan yaitu Festival Candi Sojiwan. Desa Kebondalem Kidul ini menjadi desa wisata sejak tahun 2008.

Candi Sojiwan atau Candi Sajiwan adalah sebuah candi yang terletak di desa Kebondalem Kidul, kecamatan Prambanan, kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Sebuah ciri khas candi ini ialah adanya sekitar 20 relief di kaki candi yang berhubungan dengan cerita-cerita Pancatantra atau Jataka dari India. Menurut Wikipedia, dari 20 relief ini, tinggal 19 relief yang sekarang masih ada.

Candi ini terletak kurang lebih dua kilometer ke arah selatan dari Candi Prambanan.

Kepala Desa (Kades) Kebondalem Kidul, Bagus Sudarwanto mengajak para wisatawan, baik lokal maupun asing untuk datang berwisata budaya dalam festival-festival yang diadakan di sekitar Candi Sojiwan. Wisatawan bisa melihat proses pembuatan batik tulis motif khas Sojiwan, termasuk bermalam di homestay yang telah disediakan. Pihaknya berharap, Desa Kebondalem Kidul dapat menjadi rujukan wisata di wilayah barat Kabupaten Klaten, dan tentunya meningkatkan pendapatan desa, serta masyarakatnya sejahtera.

Ayo, berwisata sambil menambah wawasan kita seputar candi peninggalan masa lampau di Jawa Tengah. Ajak seluruh teman dan keluarga untuk berwisata di wilayah Klaten ya.

Sumber : Merdeka.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *