4 Gaya Hidup Sederhana ala Keanu Reeves

LENSA JATENG – Keanu Reeves, disebut sebagai sosok dermawan yang tidak mengkhawatirkan uang. Keanu Reeves sudah mengantongi uang sekitar Rp. 1,5 Triliun saat usai membintangi film The Matrix beserta sekuelnya. The Matrix pertama meluncur pada tahun 1999, disusul kemudian sekuelnya The Matrix Reloaded dirilis tahun 2003. Namun, meski punya harta melimpah, Keanu Reeves merupakan salah satu selebritas AS yang dikenal memiliki gaya hidup yang sederhana.

Disebutkan bahwa Reeves memiliki masa lalu yang cukup berat. Ia adalah seorang penderita dyslexia dan tidak lulus SMA. Ayahnya pergi meninggalkannya saat dia masih berusia enam tahun dan ibunya pun hidup dengan berpindah-pindah tempat tinggal.

Pada tahun 1993, Reeves kehilangan sahabatnya yang meninggal dunia akibat overdosis. Kemudian tahun 1999, putrinya juga meninggal saat masih dalam kandungan. Delapan belas bulan setelahnya, kekasih tercintanya pun meninggal karena kecelakaan mobil.

Seringnya ditimpa kemalangan, Reeves pun tak pernah lagi menganggap kalau uang bisa membeli kebahagiaan. Itu sebabnya Ia memilih hidup dengan sederhana dan ia dikagumi karena kemurahan hatinya dalam beramal.

Kebiasaan dan gaya hidup sederhana ala Keanu Reeves ini sangat patut untuk ditiru. Duitpintar.com memberi beberapa contoh diantaranya :

Hidup sederhana di apartemen

Reeves memang pernah membeli rumah mewah di Los Angeles bernama Chateau Modern. Namun, Ia malah memilih untuk menempati sebuah apartemen sederhana di New York. Reeves mengatakan bahwa dirinya tak terlalu membutuhkan ruangan dengan ukuran besar. Ia pun mengaku kebingungan untuk memanfaatkan ruang kosong di rumahnya yang sangat luas.

Naik kendaraan umum

Dengan kekayaan mencapai sekitar US$ 350 juta atau Rp. 4,5 miliar ternyata Reeves justru sering menggunakan kendaraan umum. Padahal, Reeves mengoleksi sepeda motor langka dan mobil seperti Norton 850 buatan tahun 1974, Harley Davidson Dyna Wide Glide, West Coast Chopper Bike, serta mobil sport Porsche 911.

Memang tak ada yang salah dengan sering memanfaatkan transportasi publik. Ongkosnya menjadi lebih murah dibandingkan naik mobil pribadi dan menembus kemacetan.

Tidak sombong atau besar kepala

Sebagai aktor Holywood papan atas, kehidupan Reeves jauh dari kontroversi. Hampir tidak ada tabloid atau majalah hiburan yang memuat headline negatif soal Reeves. Meski menjadi public figure, Reeves sepertinya memilih untuk hidup anteng.

Pelajaran yang bisa kita dapat dari poin ini adalah, tidak perlu pamer kekayaan hanya untuk memperlihatkan kesuksesan. Misalnya dengan pamer foto-foto aktivitas sosialita bersama kawan di medsos, atau bahkan pamer kekayaan. Kita hanya perlu bekerja dan berkarya dengan baik. Toh hidup sosialita seperti itu juga pasti menguras kantong.

Sering beramal

Keanu Reeves adalah seorang yang dermawan. Ia pernah mendonasikan hartanya ke sebuah yayasan kanker Stand up to Cancer, SickKids Foundation, serta PETA dan tidak memamerkan sumbangsihnya di media. Reeves juga dikabarkan memiliki yayasan amal yang diperuntukkan bagi anak-anak penderita kanker. Meski demikian, Reeves menolak untuk mencantumkan namanya di akta yayasan miliknya tersebut.

Reeves percaya kalau berbagi itu bisa memberikan kebahagiaan. Jangan takut miskin karena beramal. Kamu?

Sumber : Liputan6.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *