6 Olahan kreatif dari bengkuang yang nggak cuma rujak dan es buah

 

 

 

 

 

Ilustrasi jicama fries. © Healthy Recipes

LENSA JATENG – Bengkuang merupakan salah satu jenis umbi manis yang menjadi ciri khas negara-negara tropis seperti Indonesia. Si putih ini lebih sering diolah sebagai campuran rujak atau minuman segar, selain dimanfaatkan sebagai bahan campuran lulur pencerah kulit.

Di luar Indonesia, bengkuang dikenal dengan nama jicama atau yam bean. Dan ternyata cukup banyak jenis makanan yang bisa dibuat darinya. Tak melulu es buah dan rujak manis. Berikut ini beberapa olahan dari bengkuang yang bisa dijadikan inspirasi untuk memasak di rumah.

Jicama Fries

 

 

 

 

 

 

 

 

Ilustrasi jicama fries © Healthier Steps

Tak terpikir, kan, kalau bengkuang bisa jadi kentang goreng? Makanan yang satu ini kerap dijadikan alternatif yang lebih sehat dari french fries. Terbuat dari bengkuang yang diiris memanjang dan direbus selama beberapa menit. Setelah itu dibumbui dan dipanggang hingga matang. Selain lebih manis, jicama fries ini juga lebih rendah kalori karena tidak digoreng.

Tekwan

 

 

 

 

 

 

 

Tekwan © Wikimedia Commons/Midori

Bagi yang sudah akrab dengan kuliner Palembang pasti pernah mencicipi masakan yang satu ini. Sup bakso ikan alias tekwan. Terdiri dari bakso ikan yang disajikan bersama soun, irisan jamur kuping, bunga sedap malam kering, irisan daun bawang, dan tak ketinggalan bengkuang yang dipotong korek api. Kemudian diguyur dengan kuah bening berkaldu. Rasanya benar-benar nikmat untuk cuaca dingin.

Choipan

 

 

 

 

 

 

 

Ilustrasi choi pan © Cookpad/KikyNovia

Kalau yang satu ini merupakan jajanan khas Pontianak. Choipan atau dikenal juga dengan nama chai kwe mirip dengan dimsum kukus, tetapi berisi bengkuang dan daun kucai yang ditumis. Biasanya kue gurih berbentuk bulan sabit ini disajikan bersama taburan bawang putih goreng dan saus khusus.

Jiu Hu Char

 

 

 

 

 

 

 

Ilustrasi Jiu Hu Char © MalaysianChineseKitchen.com

Ji Hu Char adalah masakan ala Nyonya, sebutan untuk kuliner peranakan Tionghoa dan Melayu. Hidangan yang satu ini cukup populer di antara komunitas Tionghoa yang bermukim di Malaysia.

Pada dasarnya, jiu hu char adalah tumis bengkuang dan juhi (sotong kering). Tetapi biasanya masih ditambahkan dengan sayuran lain seperti kubis dan wortel serta daging perut babi sebagai pelengkap.

Salad Bengkuang

 

 

 

 

 

 

Ilustrasi salad bengkuang © Food52.com

Selain diolah menjadi rujak, irisan bengkuang segar juga enak disantap sebagai campuran salad. Padukan dengan sayuran bertekstur renyah seperti mentimun dan bawang bombay. Kemudian siram dengan saus mangga atau jeruk yang terasa asam segar.

Pai ‘apel’

 

 

 

 

 

 

Ilustrasi pai bengkuang © Recipeler.com

Bengkuang bisa menjadi alternatif pengganti apel. Teksturnya yang renyah, berair, dan sedikit manis memang mirip dengan buah apel. Bisa diolah menjadi stup buah, keripik buah, atau selai. Stup buahnya bisa pula dijadikan topping untuk pai apel.

Itulah beberapa olahan kreatif dari bengkuang yang bisa dipraktikkan di rumah.

Sumber : Merdeka.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *